0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SPj Dana Desa Terlambat, Ratusan Kades Dapat Peringatan

dok.timlo.net/tarmuji
Sekda Wonogiri Suharno (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Selama tiga hari, ratusan Kades dan Ketua BPD di Wonogiri menjalani panggilan Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Wonogiri. Mereka mendapatkan peringatan secara lisan, lantaran keterlambatan dalam membuat surat pertanggungjawaban (SPj) dana desa tahun 2015.

“Pemanggilan sekitar 170 Kades ini bagian dari upaya Pemkab Wonogiri mengontrol sekaligus menyelamatkan agar dana desa tidak diselewengkan oknum perangkat desa,” ungkap Sekda Wonogiri Suharno, Selasa (5/4).

Menurutnya, pemanggilan ini sekaligus memberikan pemahaman agar Kades segera membuat SPj dana desa 2015. Jika sampai SPj 2015 belum dibuat maka otomatis dana desa 2016 ini tidak mungkin dapat dicairkan.

“Kita sudah lama menetapkan batas akhir per 31 Maret setiap desa yang mendapat bantuan desa harus melaporkan penggunaannya. Tapi kenyataannya masih banyak (Kades) yang belum menyampaikan laporan SPj,” terangnya.

Selain itu, pemanggilan ratusan Kades tersebut ada kaitannya dengan beberapa oknum Kades nakal yang diduga menggunakan dana desa untuk kepentingan pribadi.Namun dalam rakor kali ini baru sebagas peringatan lisan saja.

“Gara-gara ada satu dua oknum kades yang nakal sehingga belum mampu membuat SPJ  dana desa tahun 2015, maka dampaknya akan berimbas pada Kades lainnya. Maka kami berharap Kades untuk tidak menyeleweng kan dana desa secara administrasi atau pun langsung ditilep,” katanya

Ditambahkan,dirinya tidak ingin ada perangkat pemerintah desa kesandung masalah hukum. Dengan kata lain pihaknya ngoprak-oprak Kades dan Ketua BPD untuk segera menyerahkan SPj tahun 2015.

“Memang ada beberapa oknum desa yang sudah dipanggil Kejari Wonogiri, kasusnya juga seputar penggunaan dana desa,tapi kita ingin mereka ini tidak langsung serta merta harus  dikasari,namun kita lebih mengedepankan kekeluargaan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge