0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Takut Gajinya Dipotong Perusahaan, Peserta UN Paket C Tak Hadir

dok.timlo.net/nanang rahadian
(Ilustrasi) Pelaksanaan UNPK (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Solo — Sebanyak 16 peserta Ujian Nasional (UN) Program Paket C yang berlangsung Selasa (5/4). Salah satunya karena takut gajinya dipotong oleh perusahaannya sesuai ijin tidak masuknya.

“Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Solo, Tri Budi Santoso kepada wartawan, di kantor Dinas Dikpora Solo, Selasa (5/4).

Kalau tahun-tahun sebelumnya, menurut Tri, yang tidak hadir 50-an lebih. Tahun ini yang tidak hadir 16 orang tersebut dikarenakan beberapa hal. Diantaranya yaitu sebanyak tujuh orang memilih untuk tetap bekerja lantaran takut pendapatannya di potong oleh perusahaan.

“Jadi perusahaan sudah mengijinkan karyawannya yang ingin mengikuti ujian Program  Paket C dengan catatan gajinya dipotong sesuai dengan hari ijinnya. Mungkin karena takut gaji dipotong, maka peserta tersebut memilih untuk tetap masuk kerja dan tidak datang UN Program Paket C,” kata Tri Budi.

Lalu tiga peserta UN Program Paket C ijin lantaran sedang bekerja di Semarang dan masih masa training. Sisanya ada yang sudah mantap berjualan makanan, sehingga sudah malas untuk mengikuti UN Program Paket C.

Untuk pelaksanaan UN Paket C, kata Tri, digelar dengan mengambil lokasi di SMPN 4 Surakarta. Terdapat 18 ruang dan satu ruang khusus yang digunakan untuk peserta berkebutuhan khusus. Kemudian dari panitia juga menyiapkan satu ruangan cadangan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge