0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Siyono, Inilah Petisi Kemanusiaan Peduli Klaten

dok.timlo.net/adiytya wijaya
Komunitas Peduli Klaten beraudensi dengan anggota DPRD Klaten (dok.timlo.net/adiytya wijaya)
Klaten — Belasan warga yang tergabung dalam komunitas Peduli Klaten menggelar aksi damai terkait kasus almarhum Siyono, Selasa (5/4). Mengambil start dari Alun-alun Klaten, mereka berjalan kaki hingga menuju gedung DPRD Klaten.
“Aksi kita bukan pro terorisme, tapi menuntut negara, dalam hal ini pemerintah di semua jenjang serta Polri untuk hadir secara adil dan obyektif untuk membuka kasus kematian almarhum Siyono,” ujar Muslih, salah seorang pegiat aksi, Selasa (5/4).
Tiba di gedung DPRD Klaten, peserta aksi diterima di ruang Komisi IV untuk audensi. Mereka ditemui Ketua DPRD Klaten Agus Riyanto, Ketua Fraksi Gerindra yang juga anggota Komisi I Marteni, dan Ketua Fraksi Golkar sekaligus anggota Komisi IV Sudarto.
Mereka menyerahkan Petisi Kemanusiaan Peduli Klaten. Adapun isinya antara lain, menuntut pengungkapan kematian almarhum Siyono secara terbuka dan adil; memberi sanksi tegas dan terbuka jika hasil otopsi membuktikan bahwa ada kesalahan pada oknum dalam prosedur penangkapan. Negara berkewajiban menjaga dan memberikan jaminan atas rasa keadilan, keamanan dan kenyamanan setiap warga negara termasuk masyarakat dan keluarga di lingkungan almarhum Siyono.
“Kami berharap wakil kami (DPRD) memberikan dukungan, membuka kasus ini secara transparan dan adil. Selain itu juga dukungan finansial, support kepada keluarga almarhum Siyono,” imbuh Wening Swasono, pegiat aksi Peduli Klaten.
Menanggapi petisi itu, Ketua DPRD Klaten Agus Riyanto mengatakan, pihaknya menampung aspirasi tersebut untuk disampaikan ke Bupati, Kapolres, dan Komandan Kodim Klaten.
“Nanti secara formal kami sampaikan petisi ini ke pertemuan Muspida bulanan. Saya yakin secara informal mereka sudah mengetahuinya dari anak buahnya. Terkait keberadaan PAUD, Komisi IV sudah memantaunya,” ucap Agus Riyanto dalam audensi.
Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge