0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasca Tabrakan di Halim, Ijin Operasi Ground Handling Dibekukan

merdeka.com
Pesawat Batik Air 7703 tabrakan dengan pesawat Trans Nusa di Bandara Halim Perdanakusuma (merdeka.com)

Timlo.net – Insiden tabrakan dua pesawat terjadi di bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin (4/4). Dampaknya, ijin operasi perusahaan ground handling yang sedang bertugas saat insiden tersebut langsung dibekukan.

“Ijin operasi perusahaan ground handling dibekukan sampai ada rekomendasi KNKT dan perusahaan bersangkutan menjalankan rekomendasi tersebut,” kata Staf Khusus Menhub Bidang Keterbukaan Informasi Publik Hadi M Djuraid dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/4).

Pembekuan dilakukan karena perusahaan yang bertanggung jawab dalam hal penarikan pesawat Transnusa tersebut.

“Saat terjadi tabrakan, petugas ‘ground handling’ sedang menarik pesawat Transnusa dan menyeberang landasan pacu,” kata Hadi.

Hadi menambahkan, pada saat yang sama, pesawat Batik Air sudah siap untuk lepas landas.

“Jadi, sebetulnya ada dua pihak yang turut bertanggung jawab dalam hal ini, yaitu dari ATC (air traffic controller) yang mengatur lepas landas-mendaratnya pesawat dan ‘ground handling,” kata dia.

Karena itu, lanjutnya, Menhub Jonan juga memerintahkan untuk menginvestigasi LPPNPI/Airnav Indonesia dan PT Angkasa Pura II.

“Sebetulnya, tidak apa-apa saat di-towing atau ditarik, menyeberangi ‘runway’ asalkan dinyatakan ‘cleared’ atau tidak ada kegiatan pesawat lain,” tukasnya.

Selain itu, Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan juga memerintahkan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk segera melakukan investigasi. Menhub Jonan juga telah menegur Direktur Utama AP II karena sudah hampir dua minggu Bandara Halim Perdanakusuma tidak memiliki kepala bandara setelah dimutasi ke Bandara Kualanamu.

Sebelumnya, pesawat Batik Air 7703 bertabrakan dengan pesawat TransNusa di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/4). Batik Air bertabrakan ketika hendak lepas landas atau take off. Akibatnya, sayap pesawat Batik Air terbakar.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge