0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aktor Amitabh Bachchan dan Jackie Chan Masuk Dalam The Panama Papers

Dok: Timlo.net/Global Post.
Jackie Chan. (Dok: Timlo.net/Global Post.)

Timlo.net—Aktor legendaris Bollywood Amitabh Bachchan dan aktor laga Jackie Chan masuk dalam daftar nama selebritis yang terlibat dalam bisnis offshore (bisnis di kawasan bebas pajak) dalam bocoran data “The Panama Papers”.

Amitabh, salah satu bintang film terbesar di India dikatakan menjadi direktur dari empat perusahaan jasa pengiriman offshore di the British Virgin Islands dan the Bahamas. Keempatnya didirikan 20 tahun lalu dan merupakan perusahaan kecil tapi mereka terlibat dalam pengiriman barang bernilai hingga jutaan dollar.

Bachchan sendiri sudah mundur dari keempat perusahaan itu sejak lama dan belum berkomentar terkait pencantuman namanya di dokumen itu.

Dalam bocoran dokumen itu juga terungkap jika bintang film laga kelahiran Hong Kong, Jackie Chan memiliki paling tidak enam perusahaan yang dikelola oleh Mossack Fonseca, sebuah firma hukum yang bermarkas di Panama. Firma inilah yang menjadi sumber kebocoran terkait dugaan penggelapan pajak lewat bisnis offshore (bisnis di kawasan bebas pajak).

Akan tetapi, Internasional Consortium of Investigasi Journalists (ICIJ) menyatakan jika tidak ada bukti jika Jackie Chan menggunakan keenam perusahaan itu untuk tujuan-tujuan yang tidak benar. ICIJ sendiri merupakan konsorsium wartawan internasional yang mengumpulkan, mempublikasikan dan menverifikasi ribuan bocoran dokumen dari firma Mossack Fonseca.

Perusahaan offshore sendiri tidak ilegal tapi seringkali digunakan sebagai alat supaya kekayaan seseorang tidak dikenai pajak dan sebagai usaha pencucian uang.

Sumber: Time.com

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge