0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Yosca: Skybridge Masuki Tahap Lelang

Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajat (dok.timlo.net)

Solo – Proyek pembangunan jembatan layang (skybridge) penghubung Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan Solo memasuki tahapan lelang. Dalam beberapa bulan ke depan pemenang lelang sudah dapat diumumkan dan proses pengerjaan jembatan dapat berjalan.

“Proses lelang diselenggarakan oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Perhubungan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Sudrajat, Selasa (5/4).

Usai penetapan pemenang lelang, kata Yosca, tugas Pemkot adalah untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar terdampak pembangunan jembatan layang atau skybridge. Sejauh ini, pihaknya belum menerima keluhan terkait rencana pembangunan skybride dikawasan tersebut.

“Setelah pemenang lelang diketahui, baru proyek dikerjakan. Sejauh ini, masyarakat sekitar setuju,” terang Yosca.

Disinggung terkait konstruksi jembatan yang akan dikerjakan, Yosca mengaku lebar jembatan akan dibuat menjadi tiga meter. Tentu saja konstruksi ini akan mengurangi jumlah tiang penahan bangunan dari dua menjadi satu. Sehingga nilai ganti ruginya juga akan berkurang. Namun demikian, lanjutnya, jembatan skybridge tiga meter penghubung Stasiun Balapan dan Terminal Tirtonadi Solo itu tetap bisa mengakomodasi sektor UMKM.

“Nanti teknisnya bisa disesuaikan di lapangan. Intinya UMKM masih bisa masuk,” katanya.

Terkait kajian tingkat penggunaan jembatan layang itu apakah akan dipakai maksimal oleh masyarakat, Herman menuturkan, pengguna skybridge akan memiliki manfaat yang besar. Hal itu sesuai dengan hasil kajian pada 2011-2012 lalu. Fasilitas ini nanti akan membangkitkan masyarakat memanfaatkan publik transport baik kereta api maupun bus.

“Nanti yang bisa masuk ke fasilitas ini pemegang tiket (yang naik dari terminal) dan penumpang yang turun dari stasiun Balapan yang hendak naik bus atau keluar dari terminal,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge