0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UN Hari Pertama, Tujuh Siswa Absen

Ujian Nasional Berbasis Komputer (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Tujuh siswa absen saat ujian nasional (UN) SMA sederajat di Kabupaten Karanganyar, Senin (4/4). Satu siswi absen karena sakit, lima mengundurkan diri, dan satu siswi memilih ikut ujian kejar paket C.

“Total ada tujuh siswa yang tidak mengikuti unas hari pertama. Tiga siswa peserta ujian berbasis komputer (UNBK). Empat siswa peserta ujian berbasis kertas dan pensil (UNBKP),” kata Kasi SMK Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karanganyar, Saryono, Senin (4/4)

Tiga siswa peserta UNBK tersebut yakni Xena Morba Ellany, siswi SMK N 1 Karanganyar. Xena tidak ikut ujian karena sakit. Namun Xena masih terdaftar sebagai peserta. Kemudian Setiawati Nurcahaya dan Putri Indriani. Ke duanya siswi SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar.

“Empat siswa peserta UNBKP juga mengundurkan diri,” kata Saryono.

Nama-nama siswa yang mengundurkan diri masing-masing Desi Putri Natalias, siswi SMK Tunas Nusantara, Jaten. Lalu Rangga Pratama Putra, Singgih Prasetyo, Yasinta Oktaviani yang semuanya siswa SMA Muhammadiyah 3 Gondangrejo mengundurkan diri sejak awal.

”Siswi bernama Desi ini justru memilih ikut ujian kesetaraan kejar paket C. Kami belum mengetahui penyebabnya,” katanya.

Terpisah, ketua Komisi D DPRD Karanganyar, Endang Muryani, mengatakan, dari hasil sidak hari pertama UN, ada sejumlah catatan. Selain tidak tersedianya genset, juga fasilitas UN yang tidak memadai.

“Kita menemukan perangkat komputer yang digunakan dalam ujian nasional berbasis komputer, yang sudah tidak standart. Untuk tahun depan, komputer ini harus sudah diganti,” kata Endang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge