0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Horee! Tarif Angkot dan Angkudes Karanganyar Turun

dok.timlo.net/nanang rahadian
Angkot di Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar —  Tarif angkutan kota (Angkot) dan angkutan pedesaan (Angkudes) di Karanganyar mengalami penyesuaian. Hal itu dilakukan setelah harga bahan bakar minyak (BBM) mengalami penurunan.

“Kami telah melakukan pertemuan dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda) serta perwakilan pelaku usaha Angkot dan Angkudes, membahas penyesuaian tarif tersebut,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar Agus Cipto Waluyo, Senin (4/4).

Hasilnya disepakati tarif Angkot dan Angkudes turun 3-5 persen dari penetapan tarif sebelumnya, menyesuaikan kebijakan pemerintah yang menurunkan harga BBM. Penyesuaian tarif berlaku mulai 5 April 2016.

“Saya tidak hafal rincian tarif per trayek angkot dan angkudes di Karanganyar karena sangat variatif,” jelas Agus.

Namun dia memberi contoh, untuk trayek antara Palur – Bejen yang tarif maksimalnya berkisar Rp 5.300, setelah penyesuaian ini menjadi Rp 5.000.

“Meski ada penetapan tarif, tapi kenyataan di lapangan biasanya kurang dari itu. Trayek Palur-Bejen itu tarif yang ditarik belum mencapai batas maksimal. Hanya Rp 4.500,” ujarnya.

Menurut Agus,  semua unsur terkait usaha transportasi kota dan desa, sepakat dengan penyesuaian tarif tersebut.

“Pelaku usaha siap menjalankan. Namun mereka juga berharap, masyarakat tertib dalam membayar. Karena kadang ada yang membayar tarif jauh dari angka yang ditetapkan. Misal Palur-Bejen tarifnya Rp 4.500, ada yang membayar hanya Rp 3 ribu. Pelaku usaha berharap, hal ini tidak terjadi lagi,” tuturnya.

Agus menambahkan, penyesuaian tarif angkutan umum tersebut akan diajukan ke Bupati Karanganyar untuk dituangkan dalam surat keputusan.

“Nanti kalau sudah fix, akan disampaikan pengumuman dengan ditempel di angkutan yang beroperasi,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge