0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Desain Shelter PKL City Walk Belum Jelas

Beberapa PKL City Walk mulai berjualan di hari pertama setelah relokasi ke Jalan di Timur Stadion Sriwedari (foto: Rosyid)

Solo – Hingga kini, desain selter yang akan dibangun untuk pedagang kaki lima (PKL) city walk belum ada gambaran jelas. Padahal, mereka terlanjur telah dipindahkan ke sisi selatan Stadion Sriwedari.

“Kita belum menerima desain bentuk shelter,” kata Kasi Penataan dan Pembinaan PKL Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Solo, Didik Anggono saat dihubungi, Minggu (3/4).

Meski begitu, secara sederhana bahwa shelter yang dijanjikan selesai bulan Agustus mendatang. Rencananya dilengkapi dengan saluran air bersih, penerangan serta pengamanan kawasan. Mengenai berapa luasan tempat untuk setiap PKL hingga kini belum dapat dipastikan.

“Yang pasti nanti setiap PKL tidak ada sekat,” terangnya.

Terkait sistem pemakaian shelter tersebut, Didik mengaku terdapat opsi PKL yang menempati shelter tidak dibebani biaya apapun namun tetap dibebani retribusi seperti PKL lain yang menempati shelter baru. PKL pun akan diberikan semacam surat izin penempatan yang dibuat berbasis nama (by name) karena ada kekhawatiran munculnya pihak yang bermain untuk menyewakan atau memperjual belikan kepada pihak yang tidak berhak.

“Harus ditata dulu, biar jelas,” katanya.

Sementara terkait kurang siapnya Pemkot dalam menyediakan fasilitas yang diinginkan pedagang tersebut, ditanggapi oleh PKL city walk. Edi Supriadi, salah seorang PKL, mengaku hanya bisa pasrah menerima kondisi tersebut.

“Mau gimana lagi, Mas,” ungkapnya.

Pantauan di lapangan, tak lebih dari 10 PKL yang membuka lapaknya. Menurut penuturan pedagang, Pemkot meminta PKL aktif mulai berjualan pada hari ini lantaran di Stadion Sriwedari tengah dihelat acara pada Sabtu dan bursa mobil pada Minggunya. Di tempat baru itu juga belum nampak keramaian pembeli yang menikmati jajanan. Hanya beberapa masyarakat sekitar yang sekedar melihat kondisi PKL dan berbincang santai perihal keberadaannya di lokasi saat ini.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge