0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Libatkan Dokter Forensik Polda, Komnas HAM Sebut Otopsi Tetap Independen

Duduk dari kiri, Ketua Bidang Hukum dan HAM PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas, koordinator dokter forensik Gatot Suharto, saat jumpa pers paska otopsi jenazah Siyono (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Keterlibatan satu dokter forensik dari Polda Jawa Tengah tidak mengurangi independensi sembilan dokter Muhammadiyah dalam proses otopsi jenazah Siyono, Minggu (3/4). Selama lebih dari tiga jam, proses otopsi berjalan lancar.

“Kalau ada malah bagus bisa menyaksikan langsung. Kami siap bersinergi dengan kepolisian, karena secara institusi, Polri harus diperkuat dan dijaga marwahnya,” kata Ketua Bidang Hukum dan HAM PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas, disela-sela otopsi.

Penilaian serupa juga datang dari Komisioner Komnas HAM, Hafidz Abbaz. Ia menyebut, kehadiran dokter forensik Polda Jateng, Summy Hastry Purwanti, justru melengkapi tim dokter yang sudah ada karena masing-masing ahli sesuai bidangnya.

”Tetap independen. Dia (Summy Hastry Purwanti) bersama-sama, pendekatan kolegial dari semua pihak. Mungkin ada yang melihat tulang, jaringan, melihat ini itu. Jadi saling melengkapi dan independensi semakin kukuh karena kepakaran dari masing-masing tim ini melengkapi. Apa yang dilakukan Komnas HAM dan PP Muhammadiyah ini sangat akuntabel karena diamati oleh jajaran Polri, masyarakat, tokoh agama,” sebut Hafidz.

Ditambahkan, hasil otopsi untuk membuka misteri kematian Siyono yang ditangkap Densus 88 Anti Teror pada Selasa (8/3) lalu. Apakah sudah sesuai dengan prosedur, atau malah ditemukan pelanggaran.

“Boleh saja kita mengatasi hal seperti terorisme ataupun radikalisme, namun jangan langgar peraturan HAM yang ada. Kita lihat kasus di Poso sudah 17 tahun berlalu ditangani oleh Densus tapi kan belum selesai hingga kini. Jika ada proses yang tak sesuai dengan standard operasional, maka Densus pun tak boleh menjadi lembaga yang kebal hukum,” tambah dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge