0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Selesai Otopsi, Jenazah Siyono Langsung Dikebumikan

Personel Kokam melakukan pengamanan dalam proses otopsi jenazah almarhum Siyono di Dusun Brengkungan, Desa Pogung, Kecamatan Cawas, Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Proses pembongkaran jenazah almarhum Siyono berlangsung lancar. Kekhawatiran akan adanya penolakan warga Desa Pogung, Kecamatan Cawas, Klaten jika dilakukan otopsi ternyata hanya isapan jempol belaka.

“Saya sudah dua kali kesini (Pogung) ternyata tidak ada penolakan. Justru warga bergotongroyong dengan Kokam (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah) dalam menyiapkan proses otopsi,” ujar Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, Minggu (3/4).

Seperti diberitakan sebelumnya, Selasa (29/3), beredar surat penolakan warga setempat terkait rencana otopsi jenazah almarhum Siyono. Ada tiga poin, diantaranya, jika terjadi otopsi, warga menolak jenazah kembali dikebumikan di Desa Pogung. Selain itu, keluarga Siyono diancam diusir dari rumahnya.

“Tentang tiga opsi (surat penolakan) itu, tidak benar. Betul ada penolakan, tapi dilakukan aparatur desa, yakni Kadesnya, bukan sikap warga. Bahkan semalam (Sabtu, 2/4) saya menyerahkan surat keterangan otopsi, tapi Pak Kades tidak terlihat dan yang menerima istrinya. Warga disini sangat damai dan berharap membantu Bu Suratmi (istri Siyono) fardu ain,” tutur Dahnil.

Ditambahkan, proses otopsi sesuai permintaan Komnas HAM itu melibatkan sembilan dokter ahli forensik dari Muhammadiyah. Sementara untuk pengamanannya diterjunkan sebanyak 1000 personel Kokam dari Jateng dan Yogjakarta.

“Itu tim dokter (forensik) senior semua ditambah lima asistensi. Mereka merekomendasikan otopsi dilakukan ditempat. Sebab kalau dilakukan di luar dikhawatirkan merusak jenazah. Setelah selesai kembali dikebumikan,” tambah Dahnil.

Dari pantauan Timlo.net, rombongan tim dokter forensik, bersama Komisioner Komnas HAM tiba di TPU setempat sekitar pukul 07.16 WIB. Proses otopsi terhadap ayah lima anak yang dikebumikan Minggu (13/3) lalu ini dilakukan tertutup dan berakhir sekitar pukul 12.00 WIB.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge