0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Belasan Aki PJU Komplek Pemkab Raib

PJU yang berada di depan kantor bupati Boyolali (timlo.net/nanin)

Boyolali — Belasan aki penerangan jalan umum tenaga surya di Komplek Kabupaten Boyolali, Kemiri, Mojosongo, dicuri. Pelaku diduga memanfaatkan minimnya pengamanan di komplek tersebut. Terungkapnya kasus pencurian ini, setelah pihak ketiga sebagai pengelola PJU melapor ke Polsek Mojosongo.

“Begitu kita dapat laporan, kita cek ternyata ada 18 aki PJU tenaga surya yang hilang,” kata Kapolsek Mojosongo, AKP Suwanto, Minggu (3/4).

Dari hasil penyelidikan sementara, diketahui pelaku mengambil aki dengan cara membuka kotak di bawah lampu dengan kunci palsu, setelah itu memotong kabel. Aki yang hilang tersebar di wilayah sisi utara sebanyak 13 buah dan sisi selatan lima aki. Di antaranya di depan Kantor Unit Layanan Pengadaan (ULP), depan Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Bahkan dua lampu surya di depan garasi Kantor Bupati Boyolali, ikut dicuri orang.

“Kita masih melakukan penyelidikan, sebab saat kejadian tidak ada saksi satupun,” ujarnya.

Disisi lain, Kepala DPU ESDM Boyolali, M Qodri, mengaku prihatin dengan kasus tersebut. Pihaknya berharap Pos Polisi yang berada di Komplek Kabupaten segera di fungsikan. Selain itu, pihaknya juga meminta Satpol PP untuk lebih memaksimalkan pengamanan.

“Otak atik kotak lampu itu kan tidak semenit dua menit, kok bisa tidak ada yang melihat,” ujarnya.

Kedepan pihaknya akan memikirkan cara untuk mengamankan aset komplek yang selama ini sering menjadi sasaran pencuri. Hilangnya aki PJU tenaga surya mengakibatkan kerugian Rp 54 juta. Satu aki harganya berkisar Rp 3 juta. Sedangkan aki yang dicuri adalah aki jenis Super Acid, produk China berkapasitas 50 Ampere.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge