0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Datangi Proses Otopsi, Busyro Muqoddas : Dibuka Agar Terang Benderang

Ketua Bidang Hukum dan HAM PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas (dua dari kanan mengenakan masker) saat mendatangi proses otopsi jenazah Siyono di Dusun Brengkungan, Desa Pogung, Kecamatan Cawas, Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Ketua Bidang Hukum dan HAM PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas mendatangi proses otopsi jenazah almarhum Siyono, Minggu (3/4). Tiba sekitar pukul 09.38 WIB, Busyro didampingi Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution di tempat pemakaman umum (TPU) Desa Pogung, Kecamatan Cawas, Klaten.

“Ini menyaksikan saja, nanti ada tim yang mengolahnya (otopsi). Karena kami enggak punya kompetensi,” ujar Busyro Muqoddas, Minggu (3/4).

Pihaknya hanya melakukan pendampingan. Sedangkan yang memiliki otoritas otopsi sesuai perundang-undangan adalah lembaga berwenang Komnas HAM. Setelah itu hasil otopsi secara akademis dan ilmiah tersebut akan dirumuskan untuk menentukan langkah berikutnya.

“Sekarang ini kan baru dugaan ada kejanggalan kematian Pak Siyono, yakni dibawa selamat, pulang jadi mayat. Itu kan sebuah fakta gelap yang harus dibuka agar terang benderang. Di Indonesia, enggak bisa urusan nyawa digelap-gelapkan sama sekali. Ini negara Pancasila dan ini rakyat kita sendiri yang membayar pajak serta peluru itu juga dari pembayaran pajak,” tandas Busyro.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge