0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kepala Sekolah Wajib Kuasai Manajemen Sekolah

Sukoharjo – Masih banyak Kepala Sekolah yang belum memahami manajemen sekolah. Karena tidak paham, banyak sekolah yang dikelola asal jalan.

“Umumnya mereka yang belum memahami manajemen sekolah adalah kepala-kepala sekolah yang berada di daerah-daerah, lain halnya di perkotaan,” ungkap Pakar Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Dr. Jalal Fuadi, Sabtu (2/4).

Jalal mengatakan, teori manajemen sebetulnya banyak sekali. Tetapi manajemen tersebut tergantung pada penerapan kepala sekolah masing-masing.

Secara umum, memang ada konsep dari Direktorat Jenderal terkait manajemen yang harus diterapkan di sekolah. Tetapi implementasinya tergantung masing-masing sekolah.

“Ada yang menerapkan secara pas, tetapi ada pula justru lebih dari apa yang diinginkan pemerintah,” jelasnya.

Misalnya ada yang menerapkan berdasarkan standar nasional, tetapi ada pula sekolah yang ingin menerapkan di atas standar. Padahal, ada pula yang mengejar sesuai standar saja tidak bisa.

“Namun rata-rata mereka yang menerapkan sesuai standar nasional banyak yang sudah bagus. Hal itu dilihat dari hasil akreditasi,” ujarnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge