0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SMA/K Negeri Mulai Sinkronisasi UNCBT

UJian Nasional CBT (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Solo – Sejumlah Sekolah SMA/K Negeri pelaksana Ujian Nasional (UN) dengan Computer Based Test (CBT) mulai melakukan sinkronisasi. Seperti halnya dilakukan SMA Negeri 8 dan SMKN 9 Solo.

“Sinkronisasi dalam pengunduhan soal serta siswa peserta UN. Semoga lancar dan selesai sehari ini,” jelas Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMKN 9 Surakarta, Daryana, Jumat (1/4),

Daryana mengatakan, sinkronisasi dilakukan pelaksanaan UN untuk jenjang SMA sederajat dimulai pada Senin (4/4) mendatang.

“Namun beberapa peserta UNCBT yang inklusi khususnya yang Tuna Netra memilih untuk mengikuti UN dengan Paper Based Test (PBT),” jelasnya.

Setelah melakukan singkronisasi, menurut Daryana, pada hari Minggu (3/4), SMKN 9 Surakarta akan mencoba penggunaan genset. Ini digunakan sebagai langkah antisipasi jika saat UNCBT berlangsung listrik padam.

Sebanyak 394 siswa SMKN 9 Surakarta akan mengikuti UNCBT yang terbagi dalam delapan ruang.

“Semoga pelaksanaan UNCBT bisa lancar,” ujar Daryana.

Di tempat terpisah, di SMAN 8 Surakarta sudah melakukan singkronisasi pada Kamis (31/3) kemarin, dan kini proses singkronisasi sudah selesai.

Kepala Sekolah SMAN 8 Surakarta, EP Agustina mengatakan, tercatat ada sebanyak 262 siswa SMAN 8 Surakarta yang akan mengikuti UN. Diantara 262 siswa tersebut, sebanyak 260 siswa menggunakan CBT dan dua siswa menggunakan PBT. Dua siswa tersebut dikarenakan yang satu mengalami tuna netra dan satunya yaitu low vision.

Menurut Agustina, untuk Kiki masih bisa menggunakan CBT karena masih bisa melihat dengan monitor yang lebih besar dan tulisan yang besar. Sedangkan Yoga menggunakan PBT bersama dengan Wahyu siswa tuna netra.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge