0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Tetap Tak Akan Berikan Tipping Fee

dok.timlo.net/achmad khalik
TPA Putri Cempo, Mojosongo. Jebres, Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo – Pemkot bersikukuh tidak akan memberikan tipping fee atau uang jasa pengelolaan sampah kepada investor pengelola sampah di TPA Putri Cempo. Pasalnya, sudah ada investor yang tertarik mengelola sampah di TPA Putri Cempo tanpa Pemkot harus membayar tipping fee.

“Memang, pemerintah pusat menganjurkan diberikan tipping fee kepada investor untuk pilot project pengelolaan sampah. Tapi, itu dapat diberikan bisa juga tidak. Dan sikap Pemkot Solo dalam hal itu, tidak akan memberikan tipping fee kepada investor TPA Putri Cempo,” tegas Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Jumat (1/4).

Sejauh ini, kata Rudy, pelaksanaan proyek pengelolaan sampah TPA Putri Cempo sudah memasuki tahap lelang. Saat ini sudah ada dua investor yang telah berminat untuk mengelola TPA Putri Cempo. Nantinya jika tahapan lelang telah selesai, Pemkot akan melanjutkannya untuk melakukan koordinasi dengan Pemprov Jateng.

Pelaksanaan pilot project energy listrik berbasis sampah, membutuhkan koordinasi dengan daerah lainnya. Sehingga harus ada campur tangan dari Pemprov untuk memutuskan pelaksanaan proyek ini.

”Ini lelang dulu. Baru nantinya koordinasi dengan Gubernur. Biar nantinya gubernur yang megkoordinasikan dengan daerah lain untuk memenuhi angka 1.000 ton ini,” ujarnya.

Terkait koordinasi lintas wilayah, pihaknya baru menjalin koordiasi secara informal dengan kawasan eks Karesidenan Surakarta. Namun, belum menginjak pada detail penjelasan yang mendalam. Maka dari itu dirinya menunggu kebijakan dari Pemprov Jateng untuk merealisasikan proyek ini.

”Iyalah. Kita harus nunggu Gubernur dulu. Kan saya hanya kepala daerah sama seperti yang lainnya. Kalau koordinasi ini kewenangannya di Pemprov,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge