0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kanwil DJP Jateng II Melakukan Penyanderaan kepada WP Nakal

Pelayanan pajak di KPP Pratama (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Kanwil DJP Jawa Tengah II pada hari ini melakukan eksekusi, atau penyanderaan kepada wajib pajak yang membangkang. Wajib pajak tersebut berinisial AR, selaku penanggung pajak dari CV KP yang berdomisili di Purworejo.

“Wajib pajak tersebut mempunyai tunggakan pajak di KPP Pratama Purworejo, sebesar Rp 380.219.115. Penyanderaan dilakukan karena yang bersangkutan dinilai mempunyai kemampuan untuk melunasi, namun tidak mempunyai iktikad baik untuk melunasi utang pajaknya,” ujar Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II, Lusiani dalam rilisnya yang dikirim kepada Timlo,net, Jumat (1/4).

Dikatakan dia, penyanderaan AR sudah memenuhi ketentuan dalam Undang-Undang yang berlaku. Ketentuan tersebut mengatur, soal penyanderaaan hanya dapat dilakukan terhadap penanggung pajak yang mempunyai utang pajak sekurang-kurangnya Rp100 Juta. Dan diragukan iktikad baiknya dalam melunasi utang pajak.

“Penyanderaan ini dilakukan setelah melakukan proses penagihan, yang sudah dilakukan oleh KPP Pratama Purworejo. Bahkan penyanderaan dilakukan setelah mendapatkan ijin dari Menteri Keuangan,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, selama para para penanggung pajak kooperatif dan mempunyai iktikad baik dalam menyelesaikan utang pajaknya, tindakan penyanderaan ini akan dihindari. Namun demikian, kalau ternyata iktikad baik tidak ada maka tindakan seperti blokir rekening, pencegahan, serta penyanderaan akan secara konsisten dilakukan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge