0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Persiapan UNBK, Sejumlah Sekolah Sewa Genset

Pemantauan persiapan UNBK di Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikkpora) Karanganyar berkoordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN), untuk memastikan tidak ada pemadaman listrik saat pelaksanaan Ujian Nasional  Berbasis Komputer (UNBK) 2016. Meski begitu beberapa sekolah tetap menyiapkan generator set (genset) untuk mengantisipasi listrik mati.

“Surat ke PLN sudah kami layangkan. Intinya, kami minta tidak ada pemadaman listrik saat ujian berlangsung. Persiapan perangkat keras dan lunak seperti spesifikasi server, normalisasi jaringan dan koneksi internet, juga sudah dilakukan semua,” kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdikpora Karanganyar Nur Hidayat, Jumat (1/4).

Selain berkoordinasi dengan PLN, lanjur Nur Hidayat, antisipasi lain dilakukan dengan pemasangan UPS (Uninterruptible Power Supply) atau perangkat penyimpan daya listrik untuk tiap servernya. Sehingga jika terjadi listrik mati, data pada server masih bisa diselamatkan. Beberapa sekolah yang mampu, juga menyewa generator set (genset) sebagai cadangan daya listrik untuk antisipasi.

“Tahun lalu, tidak ada pemadaman selama UNBK berjalan. Tapi tahun lalu kan hanya 3 sekolah. Tahun ini, ada 25 sekolah dengan cakupan area lebih luas yang melaksanakan UNBK. Kami berharap, listrik tetap menyala saat ujian berlangsung,” tuturnya.

Untuk diketahui, ada 2 sekolah yang akan melaksanakan UNBK dalam satu shift, 5 sekolah melaksanakan dua sesi dan 18 sekolah menyelenggarakan tiga sesi. Hal itu menyesuaikan dengan jumlah komputer yang tersedia.

‬UNBK akan dilaksanakan enam hari untuk SMA, yakni 4-7 April dan 11-12 April, sementara untuk SMK dilaksanakan empat hari, 4-7 April. Total, ada 25 sekolah di Karanganyar yang melaksanakan UNBK, yakni 5 SMA negeri, 5 SMK negeri dan 15 SMK swasta.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge