0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pentas Ketoprak

Karebet Lahir di Taman Balekambang

dok.timlo.net/tyo eka
Ketoprak Seniman Muda Surakarta (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Ketoprak Seniman Muda Surakarta (KSMS) akan mempentaskan ketoprak lakon Karebet Lahir, di Gedung Kesenian Taman Balekambang, Solo, pukul 20.30 WIB, Sabtu (2/4). Demikian dijelaskan Humas KSMS Suharno melalui rilisnya, Jumat (1/4).

Koordinator KSMS, Tatak Prihantoro mengatakan, pentas akan disutradarai pemain senior KSMS, Meteor Slenk, melibatkan sekitar 60 seniman-seniwati, baik senior maupun yunior. “Semuanya akan terlibat dalam pentas dengan durasi kurang lebih 3 jam,” jelasnya.

Lakon Karebet Lahir, menurut Tatak, merupakan lakon blangkon artinya lakon yang sudah banyak diketahui oleh para penggemar ketoprak, sehingga  kronologi cerita harus dimainkan sesuai pakem. Tidak bisa diganti seenaknya, namun masih ada ruang untuk mengharap aspek konflik dan dramaturginya.

Sementara itu, Sutradara pentas, Meteor Slenk, mengungkapkan, Karebet saat dewasa dikenal dengan nama Jaka Tingkir anak dari desa yang akhirnya bisa naik tahtak menjadi  Sultan di Pajang bergelar Sultan Hadiwijaya. Kelahiran Karebet  dilatar belakangi konflik perbedaan paham agama antara pengikut  aliran  Syech Siti Jenar dengan para wali. Penuh intrik dan konflik.

Selanjutnya, Meteor Slenk, menjanjikan pentas kali ini menjadi menarik, tidak sekedar menonjolkan unsur hiburan semata, namun juga mengungkapkan nilai-nilai spiritualitas, moral dan budi pekerti, serta dalam menjalankan agama tidak cukup hanya mengedepankan aspek syariat semata, namun juga harus mendalami aspek ma’rifat, yang kedua unsur ini tidak bisa dipisahkan. (*)

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge