0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

IAIN Surakarta Kampanyekan Dakwah Multikultur

Stadium General dengan tema “Dakwah Multikultur Sebagai Pendekatan Islam Rahmatan Lil’ Alamin (Islam Nusantara), di Graha IAIN Surakarta (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mengampanyekan gerakan Dakwah Multikultur, melalui acara Stadium General dengan tema “Dakwah Multikultur Sebagai Pendekatan Islam Rahmatan Lil’ Alamin (Islam Nusantara), di Graha IAIN Surakarta, Kartasura, Sukoharjo.

Humas IAIN Surakarta Mahendra melalui rilisnya yang diterima Timlo.net, Jumat (1/4) menyebutkan, Pimpinan Pondok Pesantren Al Muayyat Widdan, KH Dian Nafi’ selaku narasumber mengungkapkan bahwa dalam berdakwah sudah seharusnya mempertimbangkan beberapa hal penting.

“Pertama, memperhatikan aneka bentuk tuturan dan saluran komunikasi yang digunakan. Kedua, memperlihatkan keteladanan hidup beragama yang baik, dan ketiga melihat target dan sasaran yang didakwahi, dimana masyarakat yang akan belajar agama pada dasarnya sudah mempunyai budaya yang telah dipraktekkan sebelumnya,” jelasnya.

Menurut Dian, butuh pendekatan sendiri yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan rahmatan lil’ alamin. Salah satunya adalah dakwah multikultural yang juga termasuk salah satu pendekatan yang mempertimbangkan keragaman budaya masyarakat yang menjadi target dakwah.

Sedangkan narasumber lainnya Dr H Kholilurrahman menegaskan, dakwah multikultural sangatlah cocok digunakan saat ini mengingat masyarakat yang didakwahi (mad’u) memiliki karakteristik unik.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge