0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TSTJ Akan Tebang Pohon-Pohon Tua

Pintu masuk TSTJ (dok.timlo.net/setyo)

Solo — Mengantisipasi resiko pohon tumbang di kawasan wisata, Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) akan menebang sejumlah pohon tua di kebun binatang satu-satunya di Eks-Karesidenan Surakarta itu.

“Kemarin sudah kami tebang beberapa pohon. Besok Sabtu rencananya ada lagi yang akan kita tebang,” kata Direktur Utama TSTJ, Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso, Kamis (31/3).

Tidak semua pohon akan ditebang. Penebangan pohon diutamakan di sekitar kandang dan jalur-jalur pengunjung untuk keamanan binatang dan wisatawan. Menurut Bimo, pohon-pohon tua terkonsentrasi di bagian Utara dan Timur TSTJ.

“Kalau yang di sekitar perkantoran dan shelter Pedagang Kaki Lima (PKL) relatif pohon-pohon muda, kurang dari 10 tahun,” kata dia.

Penebangan pohon dinilai tdak akan mengurangi mempengaruhi penghijauan di TSTJ. Pasalnya, TSTJ sering mendapat bantuan penghijauan dari berbagai pihak. Terakhir, TSTJ mendapat 2.000 pohon langka. Di antaranya berasal dari bantuan TNI Angkatan Udara.

“Jadi tidak ada masalah kalau sebagian ditebang demi keamanan pengunjung dan satwa,” kata dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan kebijakan penebangan pohon tersebut diambil usai kejadian pohon tumbang di Kebun Binatang Gembira Loka Rabu (30/3) kemarin. Peristiwa nahas tersebut memakan korban dua orang meninggal dunia dan belasan lainnya luka-luka.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge