0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sampah Solo dan Sekitarnya Harus Ditambah

TPA Putri Cempo ()

Solo — Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Kota Solo selama ini masih terkendala kurangnya kapasitas sampah yang terkumpul setiap hari. Permasalahan tersebut dinilai tidak bisa menjadi alasan tertundanya pembuatan sumber energi terbarukan itu.

“Potensi sampah di Solo dan sekitarnya mencapai lebih dari 4.500 ton per hari. Masak mencari 1.000 ton saja tidak bisa,” kata Direktur Pengolahan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) R Sudirman.

Menurut data Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Solo, total sampah yang diangkut ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Putri Cempo hanya 300 ton per hari. Jumlah tersebut masih jauh di bawah kebutuhan minimal PLTSa yaitu 1.000 ton. Meskipun ditambah dengan sampah dari kabupaten lain se-eks Karesidenan Surakarta, jumlah sampah yang terkumpul selama ini hanya 700 ton.

“Data dari DKP itu kan yang selama ini ada. Potensinya bisa lebih. Dinas Lingkungan Hidup tiap kabupaten harus bekerja untuk memenuhi itu,” kata dia.

Menurut Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Pembangkit Listrik Berbasis Sampah yang diterbitkan 13 Februari 2016 lalu, Pembanguan PLTSa di Solo rampung paling lambat tahun 2018. Untuk merealisasikan Perpres tersebut, diperlukan komitmen dari kepala daerah kota/kabupaten di Solo dan sekitarnya. Selain itu, Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah diharapkan segera menjalankan studi kelayakan PLTSa tersebut.

“Saya yakin semua komitmen. Perpres tidak dikomitmen gimana?” kata dia.

Sementara itu, Kepala DKP Solo, Hasta Gunawan mengatakan sudah sejak lama merintis proyek PLTSa Putri Cempo. Dalam presentasinya, ia memaparkan perkembangan terakhir proyek tersebut termasuk kendala-kendalanya.

“Untuk mengkoordinir agar setiap daerah mau mengirim sampah ke PLTSa yang akan dibangun itu harus ada peran provinsi. Kita tidak bisa sendirian,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge