0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wujudkan PLTSa Semua Pihak Harus Kerja Keras

dok.timlo.net/dhefi
TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo (dok.timlo.net/dhefi)

Solo – Proyek Pembanguan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Solo ditargetkan rampung 2018. Pihak-pihak terkait diharapkan dapat bekerja bersama-sama untuk memenuhi dead line yang ditetapkan dalam Peraturan Presiden No. 18/2016 tentang percepatan pembangunan pembangkit listrik berbasis sampah yang diterbitkan 16 Februari lalu itu.

”Semua harus kerja, mulai dari daerah sampai kementerian semua sama-sama komitmen untuk mewujudkan perpres,” kata Direktur Pengolahan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) R Sudirman, Kamis (31/3).

Ia menyebutkan, Balai Lingkungan hidup kota/kabupaten di Solo dan sekitarnya harus segera meningkatkan kapasitas sampah sehingga memenuhi target 1000 ton perhari. Saat ini, sampah yang dikumpulkan dari daerah Eks-Karesidenan Surakarta hanya mencapai 700 ton. Selain itu, pihak Provinsi diminta segera menyusun studi kelayakan atau sering disebut Feasibility Study (FS) dan Detailed Engineering Design (DED) pembangunan PLTSa.

“FS dan DED harus memperhatikan faktor lingkungan, ekonomi, sosial dan budaya masyarakat. Provinsi harus menyelesaikan itu tahun ini,” kata dia.

Selain itu, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) juga dituntut merampungkan Peraturan Menteri (Permen) yang mengatur baku mutu emisi, kebisingan dan amdal PLTSa. Pemerintah Daerah juga diminta segera menyiapkan hal-hal terkait pembangunan PLTSa seperti kesiapan armada sampah, lahan, dan lain sebagainya.

Solo sendiri sudah merintis pembangunan PLTSa di Putri Cempo sejak beberapa tahun lalu. Namun hingga saat ini, proyek tersebut masih terkendala kapasitas sampah yang belum memenuhi kebutuhan minimal PLTSa yaitu 1.000 ton.

“Meskipun ditambah dari daerah-daerah sekitar Solo, sampahnya baru 700 ton. Kami minta provinsi mengkoordinir. Karena itu kan di luar wewenang kita,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Solo, Hasta Gunawan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge