0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jumlah Kurang, Penyebaran Dokter Gigi Anak Tidak Merata

Ratusan anak mendapatkan perawatan gigi gratis oleh dokter gigi anak di The Park Mall Solo Baru (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI) terus berupaya menambah jumlah dokter gigi anak agar mencapai angka ideal di seluruh provinsi. Kondisi saat ini pada skala nasional masih mengalami kekurangan dokter gigi anak sebanyak 1.000 lebih dan penyebarannya belum merata.

“Saat ini dari jumlah dokter gigi anak yang ada semuanya terkumpul di Pulau Jawa, sedangkan provinsi lain masih banyak yang kekurangan dan ini menjadi tantangan yang serius,” kata Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI), Syarif Hidayat, Kamis (31/3).

Saat ini jumlah keseluruhan dokter gigi anak di Indonesia hanya sekitar 500 orang, sedangkan dari jumlah itu, 70 persennya berada di Pulau Jawa. Sedangkan sisanya tersebar di seluruh provinsi di luar Pulau Jawa dan sangat jauh dari angka ideal.

Jumlah ideal dokter gigi anak di Indonesia sekitar 1.500 orang untuk mengkaver pasien di seluruh provinsi. Pemerintah didorong untuk memikirkan permasalahan ini dengan membuat kebijakan dalam pemerataan tenaga medis dan sarana pra sarannya.

“Yang paling penting sarana di Puskermas dan rumah sakit di daerah, banyak masukan dari para anggota yang menyarankan untuk update peralatan medis untuk meningkatkan pelayanan kesehatan ke masyarakat,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge