0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peredaran Narkoba Ancam Ponpes

timlo.net/tarmuji
Anggota Komisi VIII DPR RI Endang Maria Astuti dan Dirut Pendidikan Diniah dan Ponpes, Moehsen saat melakukan kunjungan di Kantor Kemenag Wonogiri (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Pernyataan sejumlah tokoh agama dan petinggi Badan Narkotika Nasional (BNN) di sejumlah media, baru-baru ini, cukup mencengangkan. Pasalnya, narkoba mulai mengancam pondok pesantren dan lingkungan pendidikan di Indonesia.

“Sebenarnya masalah narkoba itu bukan hanya menjadi tanggung jawab Kemenag dan BNN, tapi kita semua juga harus berperan,” ujar Direktur Pendidikan Diniah dan Ponpes Kemenag RI, Moehsen, Kamis (31/3).

Menurutnya, ada indikasi oknum yang sengaja menyusupkan narkoba di lingkungan Ponpes. Namun pihaknya tak mau kecolongan. Maka dari itu, upaya yang dilakukan di lingkungan Ponpes lebih ditekankan dengan pembinaan sedini mungkin.

“Kita memaksimalkan peran serta satker Kemenag, Kanwil, penyuluh bahkan kepala KUA untuk bekerja serentak dalam satu sinergitas,” jelasnya.

Bahkan, kata Moehsen, ada 10 Ponpes yang kini sudah menjadi rujukan dan panti rehabilitasi bagi pengguna narkoba. Sehingga dengan itu dapat dimaksimalkan dari sisi pembinaan dan rehabilitasi. Dengan metode terapi spiritual, Ponpes kini menjadi rujukan Kementrian Sosial untuk rehabilitasi pengguna narkoba. Salah satunya yakni Ponpes Darul Maghfiroh. Hampir 400 orang setiap bulannya direhabilitasi di ponpes tersebut.

“Kita bersama BNN dan Tim kesehatan sering melakukan razia di sejumlah Madrasah-madrasah,” tegasnya.

Disisi lain, anggota Komisi VIII DPR RI Endang Maria Astuti menandaskan, saat ini para remaja mengalami degradasi mental, dapat mengancam kesatuan bangsa. Bahkan 10 hingga 15 tahun mendatang, bangsa ini akan mengalami keterpurukan.

“Secepatnya kita harus menangkap aktor yang sengaja menyusupkan narkoba ke dalam Ponpes, yang jelas kami di DPR RI konsen menangani masalah ini,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge