0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awas !! Coklat Kadaluarsa Bergambar Upin Ipin Beredar

merdeka.com
Cokelat kedaluwarsa di Jatim (merdeka.com)

Timlo.net — Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim, membongkar tempat produksi cokelat kedaluwarsa dan tanpa label ijin BBPOM. Polisi juga mengamankan seorang pelakunya, HI, warga Dusun Tanjekwage, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Bahkan, untuk memberikan daya tarik pembeli kepada anak-anak, cokelat dibungkus dengan kantong plastik diberi kertas gambar ’Upin dan Ipin’.

“Dari informasi masyarakat, anggota kemudian melakukan penggerebekan. Dan baru diketahui saat di lokasi, melihat banyak wafer cokelat berkedaluwarsa. Tenyata itu bahan digunakan tersangka untuk bahan bakunya cokelat,” kata Direktur Ditreskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Nurrachman, Kamis (31/3).

Untuk memproduksi cokelat kedaluwarsa tersebut, tersangka membeli wafer cokelat kedaluwarsa yang cacat produksi. Setelah mendapatkannya, bahan baku tersebut diolah kembali. Wafer cokelat dimasukan ke dalam mesin oven, setelah itu diolah kembali, bahan tersebut dimasukan kembali ke mesin molen khusus yang sudah dimodifikasi hingga lembut.

Selanjutnya, baru proses finishing dengan melakukan pencetakan bentuk cokelat, dikemas, dibungkus plastik, dan ditempeli kertas bergambar Upin dan Ipin.

“Setelah selesai semua, baru diedarkan ke beberapa daerah,” terang dia.

Dari penggerebekan tersebut, polisi mengamankan 80 plastik wafer cokelat salut, 65 bal kado kotak, 50 bal kado kabinet, 60 bal wafer es concom, 1 unit mesin oven dan 1 unit mesin giling 21 karung wafer, 7 ember wafer siap selep, 1 ember wafer hasil selep yang dijadikan barang bukti.

[cob]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge