0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasukan TNI dan Brimob Merapat di Perbatasan

Pasukan Brimob ()

Timlo.net – Tiga kapal perang TNI AL sudah tiba di kota Tarakan, Kalimantan Utara, Kamis (31/3). Ketiga kapal itu adalah KRI Surabaya, KRI Ahmad Yani, serta KRI Ajak Sidah.

Ketiga KRI tiba di dermaga pangkalan utama angkatau laut (Lantamal) Tarakan. Tiga pesawat Hercules TNI AU juga terpantau terparkir di Bandara Juwata, Tarakan. Namun, hingga sore, belum terlihat adanya mobilisasi pasukan TNI maupun Polri.

Dari Polri, pasukan Brimob dari Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat juga telah tiba di Tarakan, Rabu (30/3) kemarin, menggunakan pesawat komersil Lion Air.

Kodam VI Mulawarman, tetap menepis pengerahan pasukan sebagai persiapan operasi pembebasan sepuluh pelaut Indonesia oleh kelompok Abu Sayyaf, berpusat di Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Mereka menyatakan, mobilisasi personel dan kapal perang di Tarakan adalah bagian dari rencana Latihan Gabungan Pasukan Khusus Pemukul Reaksi Cepat (PPRC), buat merebut dan mengamankan lagi obyek vital nasional kilang minyak nasional di Tarakan.

“Tidak ada operasi terkait pembebasan sandera. Kodam VI Mulawarman, dalam hal ini, mendukung terselenggaranya operasi di wilayah teritorial, dengan dukungan administrasi, logistik, intelijen, maupun perkuatan satuan tempur, dan bantuan tempur sesuai arahan Mabes TNI,” kata Kepala Penerangan Kodam VI Mulawarman, Kolonel Inf Andi Gunawan, Kamis (31/3).

Andi menerangkan, menurut Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, soal pembebasan sandera semua tergantung dari upaya pemerintah. Selain itu, otoritas Filipina lebih berwenang menentukan operasi militer di wilayahnya.

“TNI hanya bertugas menjaga kedaulatan NKRI, sebagai uji kemampuan secara integratif, antarelemen yang diwujudkan ke dalam latihan gabungan TNI tahun ini. Perihal berapa kekuatan yang dilibatkan dalam latihan ini, belum ada informasi lebih lanjut dari Mabes TNI. Mungkin secara bertahap, ada penambahan pelibatan, untuk mendukung latihan gabungan,” imbuh Andi.

[ary]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge