0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang UN, Sekolah Diminta Jaga Psikologis Siswa

Siswa SMA/SMK siap mengikuti Ujian Nasional (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Menjelang pelaksanaan ujian nasional (UN) yang akan digelar mulai 4 April besok, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Boyolali, terus mempersiapkan diri. Persiapan terutama untuk SMA/SMK yang bakal mengelar UN  dengan sistem computer based test (CBT).

Persiapan yang dilakukan meliputi perlengkapan untuk pelaksanaan CBT. Termasuk server, genset dan petugas penjaga. Selain itu, pihak sekolah diminta menjaga psikologis siswanya.

UN CBT baru pertama kalinya digelar di Boyolali. Saat dilakukan uji coba UN CBT, ternyata siswa kesulitan saat hendak login. Hal ini, berdampak pada konsentrasi siswa.

“Yang utama dan paling penting, psikologis siswa harus tetap dijaga, jangan sampai drop atau hilang konsentrasi,” ujar Kabid SMA SMK Disdikpora Boyolali, Suyanta, Kamis (31/3).

Sementara itu, terkait dengan pengamanan di masing-masing sekolah, menurut Suyanta, pihak sekolah telah bekerjasama dengan Polsek setempat. Tidak hanya pengamanan soal ujian, namun juga pengamanan perangkat komputer.

Untuk Kabupaten Boyolali, ada 17 sekolah yang menggelar UN CBT. Ke 17 sekolah tersebut meliputi 6 SMA dan 11 SMK, dengan jumlah siswa 1.324. Sedangkan untuk ujian nasional manual diikuti 65 sekolah. Total peserta UN tingkat SMA, SMK, MA dan SMALB sebanyak 9.989 siswa.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge