0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tour de Banyuwangi Ijen Jadi Daya Tarik Wisatawan

Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Even balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) yang digelar 11-14 Mei 2016 dijadikan ajang mendongkrak kunjungan wisata ke Banyuwangi. Pemerintah daerah setempat dan Kementerian Pariwisata terus mempromosikan pariwisata di ujung Timur Pulau Jawa itu.

Salah satu daya tarik, dengan menaikkan hadiah untuk pemenang ITdBI.

“Saya sudah tanya, berapa total hadiah ITdBI? Jawabannya Rp 700 juta, atau kurang dari USD 100 ribu. Maka kami naikkan double, menjadi Rp 1,5 Miliar. Sport event itu hadiah sangat mempengaruhi kualitas atlet yang berkompetisi,” ucap Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, seperti rilis yang diterima Timlo.net, kemarin.

Arief mengapresiasi pemerintah daerah setempat yang menjadikan wisata sebagai leading sector pembangunan. Hasilnya, pendapatan per kapita Banyuwangi naik, dari 2010 sebesar Rp 21 juta, di tahun 2015  naik 62 persen, menjadi Rp 38 juta.

“Masuk akal, Kab Banyuwangi dan Solo memiliki calendar of events terbaik di Indonesia. Konsisten, 53 event setahun dan sudah dipublish di awal tahun, karena yakin pasti terlaksana. Termasuk banyak international event,” kata Arief Yahya.

Prestasi lain, Banyuwangi dikunjungi 2 juta wisatawan nusantara (wisnus) pada tahun 2015. Angka itu tergolong besar, karena Bali saja baru 8 juta wisnus.

Sedangkan wisatawan mancanegara menembus 40 ribu, dan proyeksi di tahun 2016 menjadi 50 ribu.

“Tahun 2016 ini juga mendapatkan penghargaan dari UNESCO, Badan PBB yang mengurusi soal pendidikan, sosial dan budaya, atas tiga Taman Nasional Sukamade, yakni Alas Purwo, Meru Betiri dan Ijen yang punya kawah 5.000 hektar itu,” jelas Menpar.

Tour de Banyuwangi Ijen ini sendiri levelnya 2.2 race setara dengan Tour de Singkarak yang sudah lebih lama eksis. Dengan jumlah hadiah yang besar, level kejuaraan yang tinggi, ITdBI pun mulai banyak dilirik peserta dan tim papan atas Asia.

Untuk 2016, ada 20 tim luar negeri dari 29 negara yang bakal ambil bagian. Di antaranya, Pishgaman Giant Team, Skydive Dubai Al Ahli, dan Tabriz Shadari Team yang merupakan juara 1, 2, 3 Asia. Selain itu, ada juga Timnas San Marino dan Timnas Irlandia.

Seperti balap sepeda selalu punya sensasi. Tour De Banyuwangi Ijen juga memiliki “Jalur Neraka” sebagai arena uji nyali dan ketangguhan pembalap.

Di salah satu etape, akan disiapkan jarak tempuh 171,3 kilometer yang harus dijelajahi di ketinggian 1.875 meter di atas permukaan laut. Lokasinya tepat di punggung Gunung Ijen dengan tanjakan yang mencapai 45 derajat. Selain tanjakan, etape paling panjang ini juga menghadirkan kelokan tajam. (*)

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge