0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Razia Kendaraan, Petugas juga Operasi Narkoba

dok.timlo.net/nanang rahadian
Pemeriksaan angkutan barang (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar  – Sejumlah kendaraan angkutan barang, terjaring razia gabungan yang digelar Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) dan Satlantas Polres Karanganyar, Rabu (30/3). Sebagian besar kendaraan roda empat itu terjaring, karena uji kelayakan atau kir kendaraan habis masa berlakunya.

“Ini operasi rutin yang digelar Dishubkominfo bekerjasama dengan Satlantas Polres Karanganyar,” kata Kasi Pengawasan dan Pengamanan Jalan Dishubkominfo Bambang Prasetyo, Kamis (31/3).

Razia digelar di pertigaan batas kota. Kendaraan pengangkut barang, baik yang bertonase besar maupun kecil, diminta menghentikan lajunya, untuk diperiksa kelengkapan kendaraan dan surat-suratnya. Untuk kendaraan yang mengangkut barang dengan dimensi melebihi panjang kendaraan, juga diperiksa petugas Dishubkominfo.

“Sejumlah kendaraan pengangkut orang juga kita periksa karena berkaitan denga keselamatan orang banyak,” kata Bambang.

Bambang Prasetyo mengatakan, razia tersebut merupakan bentuk pengawasan dan penertiban angkutan di jalan raya. Selain itu untuk memastikan kendaraan pengangkut barang maupun orang laik jalan atau tidak.Kendaraan yang habis masa kir-nya, menurut Bambang, dikenakan tilang.

“Khusus untuk kendaraan bernopol Karanganyar, yang kir-nya habis selain di-Tilang ya diimbau untuk segera mengurus kir. Kalau yang luar kota, dikenakan Tilang,” ujarnya.

Kanit Dikyasa Satlantas Iptu Sartono menambahkan, selain memeriksa kelengkapan surat, kendaraan angkutan barang yang melintas juga diperiksa isi muatannya.

“Kami cek juga di dalam kabin kendaraan, apakah ada Narkoba yang dibawa. Sebab ini sekaligus pelaksanaan Operasi Bersinar Candi 2016, dengan sasaran peredaran Narkoba,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge