0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cuaca Tak Menentu, Ini Himbauan BPBD

Pohon tumbang di Jalan Solo - Kalioso Km 5, Wonorejo (timlo.net/nanang rahadian)

Solo — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo mengimbau masyarakat agar menjauhi pohon-pohon besar dan teduh selama musim hujan. Cuaca Kota Solo yang tak terduga belakangan ini menyebabkan pohon-pohon rawan tumbang.

“Beberapa hari terakhir ini kan sering mendadak hujan padahal sebelumnya cuaca cerah,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Solo, Gatot Sutanto, Rabu (30/3).

Kondisi cuaca tersebut diperparah dengan angin kencang yang kerap menyertai hujan. Akibatnya, resiko pohon tumbang semakin tinggi. Terutama untuk pohon-pohon yang sudah tua dan lapuk.

Ia juga meminta masyarakat berpartisipasi aktif melapor bila ada pohon yang dirasa membahayakan. Sebab Pemerintah Kota (Pemkot) Solo maupun BPBD tidak memiliki sumber daya manusia yang cukup untuk mengawasi semua pohon yang ada.

“Kalau ada pohon yang dikhawatirkan roboh terkena angin kencang, silakan lapor ke BPBD atau Dinas Kebersihan dan Pertamanan supaya dipangkas atau ditebang,” kata dia.

Selain itu, ia mengimbau orang tua agar tidak membiarkan anaknya bermain di sekitar sungai atau saluran air. Permukaan air bisa tiba-tiba naik karena hujan yang mendadak turun.

“Jadi sangat beresiko terhanyut,” tuturnya.

Kasus tersebut pernah terjadi akhir Februari lalu. Seorang bocah 7 tahun yang bermain air di selokan di daerah Krajan, Mojosongo, Jebres meninggal karena hanyut terbawa arus air yang deras. Korban sempat berusaha berpegangan ranting di tepi selokan tapi tak kuat menahan arus air.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge