0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Dua Desa Gerudug Lokasi Proyek Perumahan

Pekerja membongkar bangunan di atas saluran irigasi (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Puluhan warga dari dua desa di Kecamatan Kartasura mendatangi lokasi proyek pengembangan perumahan PT Menara Sentosa. Mereka memprotes penutupan saluran irigasi yang berada di tengah proyek perumahan.

“Ini saluran irigasi yang menjadi sumber air untuk sawah kami, kalau ditutup seperti ini sawah kami terancam kekeringan, jadi harus dibongkar semua pondasi yang sudah dipasang di tengah saluran,” kata salah satu warga Endah Haryono, Rabu (30/3).

Selain mengancam pertanian, penutupan saluran irigasi ini juga berpotensi mengakibatkan banjir di pemukiman warga. Hal ini dikarenakan air tidak bisa ditampung saluran irigasi dengan lebar 4,5 meter, dan setelah ditutup menjadi 1,5 meter.

Mendapat protes dari puluhan warga Desa Pabelan dan Desa Singopuran, mandor proyek yang berada di lokasi segera memerintahkan pekerja untuk membongkar bangunan. Warga kemudian meninggalkan lokasi, namun sejumlah warga lainnya masih mengawasi pembongkaran bangunan di atas saluran irigasi tersebut.

“Sebenarnya dulu sudah pernah disepakati untuk tidak mendirikan bangunan di atas saluran irigasi, namun pada kenyataanya tanpa sepengetahuan warga developer kembali mendirikan bangunan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge