0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Bungkusan Uang Pengembalian Istri Siyono Tidak Dibuka

dok.timlo.net/aditya wijaya
Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, dua dari kanan berjaket oranye saat mendatangi kediaman Siyono di Desa Pogung, Kecamatan Cawas, Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten – PP Pemuda Muhammadiyah merasa terpanggil untuk menghadirkan keadilan bagi keluarga Siyono. Hal itu menyusul pengembalian uang oleh istri Siyono, Suratmi, saat mendatangi kantor PP Muhammadiyah di Yogjakarta, Selasa (29/3) lalu.

“Dia (Suratmi) sama sekali belum membuka dua tumpuk bungkusan uang yang kemudian diamanahkan ke PP Muhammadiyah. Kami tidak tahu nilainya. Karena dari kemarin sampai detik ini tidak dibuka, nanti sebagai alat bukti diduga ada usaha membungkam proses peradilan kepada Bu Suratmi,” ungkap Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, Rabu (30/3).

Ia menilai, secara ekonomi perempuan lima anak itu tidak mampu. Namun usahanya mengembalikan uang tersebut membuktikan integritas, dan nilai-nilai kejujuran ternyata tidak bisa dibeli. Nyawa tidak bisa tergantikan dengan uang.

Ditanya soal ancaman pengusiran oleh warga jika otopsi dilakukan, Dahnil enggan memberikan komentar. Namun pihaknya tetap menghormati sikap dari keluarga maupun warga lantaran Muhammadiyah menjunjung tinggi nilai toleransi.

“Kami tanya ke Bu Suratmi (istri Siyono) tentang penolakan itu. Jawaban beliau hampir membuat saya nangis, enggak bisa berkata apa-apa. Jawabannya sederhana, tanah Allah itu luas, kami siap tinggal dimanapun,” ucap Dahnil.

Setelah proses otopsi, PP Muhammadiyah segera membawa kasus tersebut untuk dilaporkan ke pihak berwenang. Melalui Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) siap menampung dan mencarikan tempat tinggal untuk Suratmi dan keluarga. Selain itu, pihaknya juga siap membantu keluarga secara ekonomi.

”Kalau tidak selesai di Indonesia akan kami bawa ke Mahkamah Internasional karena ini pelanggaran HAM luar biasa. Kalau internasional sering ngomong tentang HAM kenapa mereka enggak teriak soal ini,” ucap Dahnil kepada wartawan dalam kunjungannya ke rumah almarhum Siyono.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge