0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Revitalisasi TSTJ Tinggal Sedikit Lagi

Taman Satwa Taru Jurug (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo – Proses revitalisasi Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) mulai menunjukkan titik terang. Detailed Engineering Design (DED) yang dibuat oleh Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) sudah rampung dan diharapkan segera terealisasi.

“Bulan lalu dari TSTJ dan Kebun Binatang Pematang Siantar menghadap ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLK) karena yang akan direvitalisasi Pemerintah Pusat dua (kebun binatang) itu,” kata Direktur Utama TSTJ, Bimo Wahyu Santoso Dasir Santoso, Rabu (30/3).

Awalnya, DED diajukan pihak TSTJ kepada KLK. Sesuai instruksi KLK, TSTJ berkonsultasi dengan PKBSI untuk merevisi desain tersebut. Setelah beberapa kali pertemuan, ada sejumlah penambahan dari desain awal.

“Kita tambahkan museum, taman bermain anak, dan ruang pertemuan,” kata dia.

Menurutnya, penambahan tersebut tidak akan mempengaruhi anggaran yang diajukan. Perhitungan yang digunakan tetap mengacu pada Singapore Zoo dengan perkiraan dana pembangunan Rp 10 Miliar per 1 hektar lahan. TSTJ menepati lahan seluas 14 hektar sehingga membutuhkan dana hingga Rp 140 Miliar.

“Ditambah biaya tak terduga, pajak, dan lain-lain, totalnya jadi Rp 170 Miliar,” terangnya.

Ditanya mengenai waktu realisasi, Bimo tidak bisa memastikan. Pasalnya, pihak TSTJ hanya bisa menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat. Namun demikian, rencana kunjungan Presiden Joko Widodo ke TSTJ di Bulan Juli mendatang untuk meninjau lokasi.

“Kita pengennya cepat terealisasi. Tapi kan semua tergantung dari Pemerintah Pusat,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge