0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mau Tahu Luapan Bengawan Solo? Gunakan Aplikasi Ini

timlo.net/achmad khalik
Aplikasi Flood Early Warning and EarlyAction System (FEWEAS) yang dapat diunduh di playstore android (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Palang Merah Indonesia (PMI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) meluncurkan aplikasi peringatan awal banjir Sungai Bengawan Solo, di Balaikota Solo, Rabu (30/3) siang. Sistem aplikasi dengan smartphone android ini mampu menyampaikan informasi peringatan dan respon awal banjir, resolusi dan akurasi tinggi muka air Bengawan Solo.

“Aplikasi dapat di download siapa saja,” terang Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI, Letjend Purn Soemarsono.

Aplikasi yang diberi nama Flood Early Warning and EarlyAction System (FEWEAS) tersebut, kata Soemarsono, memberikan informasi prediksi potensi banjir untuk jangka dua hari kedepan. Tak hanya itu, aplikasi yang dapat diunduh di Playstore Android tersebut juga mampu memprediksi curah hujan skala dasarian untuk lima tahun mendatang.

Sumarsono berharap, aplikasi yang diciptakan kerjasama antara PMI, ITB dan Perum Jasa Tirta I ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dan membantu mengurangi dampak bencana banjir saat terjadi luapan Bengawan Solo di Jawa tengah dan Jawa Timur.

Aplikasi Flood Early Warning and EarlyAction System (FEWEAS)

Sementara, Ketua pelaksana FEWEAS, Armi Susandi mengungkapkan aplikasi tersebut pertama di Indonesia yang dikerjakan sendiri oleh para ahli dari ITB. Melalui aplikasi ini, kawasan rawan Banjir Bengawan Solo dapat petakan dalam lima tahun kedepan. Sehingga memudahkan pihak terkait menyusun rencana mitigasi terhadap potensi banjir yang akan datang.

“Jadi mereka (Pemerintah-red) bisa melakukan pemetaan kawasan terdampak banjir dan memudahkan dalam evakuasi,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge