0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Otopsi Ditolak Warga, Begini Jawaban Istri Siyono

dok.timlo.net/aditya wijaya
Bukti surat pernyataan penolakan otopsi jenazah Siyono (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Masyarakat Desa Pogung, Kecamatan Cawas, Klaten menolak rencana otopsi jenazah almarhum Siyono, Selasa (29/3). Penolakan dilatarbelakangi rencana otopsi independen PP Muhammadiyah sesuai permintaan Suratmi, istri Siyono.

“Yang jelas kami menghargai sikap warga, tapi juga menghargai sikap keluarga pak Siyono. Kami menghargai keduanya. Kami Muhammadiyah menjaga kuat nilai-nilai toleransi,” ujar Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, Rabu (30/3).

Dari pantauan Timlo.net, Dahnil bersama rombongan tiba di kediaman keluarga Siyono di Dusun Brengkungan RT 11/05 Desa Pogung, Kecamatan Cawas, Klaten, sekitar pukul 11.24 WIB. Dia lantas masuk ke dalam rumah mengadakan pertemuan tertutup sekitar setengah jam.

“Kami tanya ke Bu Suratmi (istri Siyono) tentang penolakan itu. Jawaban beliau hampir membuat saya nangis, enggak bisa berkata apa-apa. Jawabannya sederhana, tanah Allah itu luas, kami siap tinggal dimanapun,” ucap Dahnil yang mengaku merinding mendengar jawaban itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Desa Pogung, Joko Widoyo mengaku, sudah menyerahkan surat pernyataan penolakan otopsi jenazah Siyono ke pihak keluarga Siyono serta ditembuskan ke pihak kepolisian. Alasannya, warga sudah lelah dengan hiruk pikuk di Desa Pogung serta ingin tercipta iklim kondusif, tenteram, dan damai

Adapun isi surat penolakan berdasarkan kesepakatan warga bersama para tokoh masyarakat dari pengurus RT, RW hingga perangkat desa pada pertemuan Selasa (29/3) malam itu diantaranya:

  1. Kalau terjadi otopsi, maka pelaksanaan harus dilaksanakan di luar Desa Pogung.
  2. Jenazah setelah diotopsi tidak boleh dikubur di wilayah Desa Pogung.
  3. Keluarga yang mendukung otopsi tidak boleh tinggal di wilayah Desa Pogung.
dok.timlo.net/aditya wijaya

dok.timlo.net/aditya wijaya

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge