0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Beredar Isu, Bocoran Kunci Soal UN Dijual Rp 300 Ribu

Siswa peserta ujian nasional diminta untuk percaya diri dan tidak terbujuk dengan jual beli soal ujian (foto: Nanin)

Boyolali – Menjelang pelaksanaan ujian nasional (UN) yang bakal digelar Senin (4/4), mulai beredar isu jual beli kunci jawaban soal UN di kalangan siswa SMA di Boyolali. Satu lembar soal dijual hingga Rp 300 ribu.

“Informasi yang kita dapat, kunci soal ujian untuk semua mata pelajaran yang diujikan sebesar Rp 300 ribu,” kata Ketua Komite SMA Negeri 3 Boyolali, Subagyo, Rabu (30/3).

Meski pihaknya belum mendapati secara langsung praktek jual beli kunci soal UN, namun bila hal ini tidak diatasi bisa merugikan siswa. Pihaknya mendesak pihak sekolah, dinas, polisi hingga orang tua, agar segera mengantisipasi.

Pasalnya, kondisi ini membuat resah para pelajar dan menganggu konsentrasi mereka dalam menghadapi UN. Apalagi, bocoran jawaban soal ujian tersebut tidak bisa dipertanggung jawabkan.

“Memang baru desas desus, tapi biasanya transaksi dilakukan 1-2 jam sebelum ujian,” tambahnya.

Di sisi lain, Kabid SMA SMK Disdikpora Boyolali, Suyanto, meminta siswa untuk lebih percaya diri dalam mengerjakan soal ujian. Apalagi, hasil UN tidak berpengaruh pada kelulusan siswa. Namun pihaknya tetap meminta pihak sekolah melakukan antisipasi dini.

“Lulus dan tidaknya nanti tidak hanya ditentukan nilai UN, tapi juga nilai rapor, nilai ujian sekolah, hingga sikap siswa,” jelas dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge