0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pencurian Listrik Marak, Ini yang Dilakukan PLN

dok.timlo.net/nanang
Penertiban PJU liar (dok.timlo.net/nanang )

Karanganyar – Pencurian listrik masih marak terjadi. PLN Area Solo mencopot 26 titik penerangan jalan umum (PJU) ilegal di Desa Sroyo, Kecamatan Jaten, Karanganyar, Selasa (29/3). PJU ilegal dinilai dapat merugikan negara.

”Praktek PJU ilegal tersebut dapat menimbulkan kerugian negara. Karena pengambilan listrik tidak terukur, hal ini dapat menimbulkan penyusutan listrik di PLN,” kata Asisten Manajer Transaksi Energi Listrik PLN Area Solo, Joko Ispraptono di sela penertiban di Dusun Pulosari, Desa Sroyo, Jaten.

PJU ilegal tersebut tidak hanya ditemukan di jalan besar, tapi hingga gang-gang di perkampungan. Dia mencontohkan seperti halnya dua Rayon PLN Area Solo di Karanganyar yang juga merasakan penyusutan kapasitas listrik akibat maraknya PJU ilegal.

“Rayon Sroyo, Jaten mengalami penyusutan 9 persen dari kapasitas. Sedangkan Rayon Karanganyar mengalami penyusutan 12 persen dari kapasitasnya,” jelasnya.

Disamping itu, PJU ilegal juga dapat membahayakan masyarakat. Karena pemakaian listrik pada PJU ilegal tidak terukur, sehingga bisa menyebabkan konsleting dan sebagainya. Pembayaran listrik di Kabupaten Karanganyar selalu lunas tanpa tunggakan. Namun jika masih banyak ditemukan PJU ilegal, hal itu sangat disayangkan.

”Untuk itu, kami akan melakukan sosialisasi ke masyarakat. Kami juga akan menertibkan PJU ilegal seperti di Desa Sroyo ini,” imbuhnya.

Pihaknya menghimbau masyarakat agar PJU di perkampungan menggunakan meteran ukur. Sehingga penggunaan listrik lebih bertanggung jawab.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Taman dan Penerangan Jalan Dinas Kebersihan Dan Pertamanan (DKP) Karanganyar Dwi Cahyono menuturkan, Pemerintah Kabupaten Karanganyar mendukung langkah penertiban tersebut. Pemkab dan PLN akan mendata lokasi-lokasi PJU ilegal untuk segera ditertibkan.

”Pemkab dan PLN akan mendata PJU ilegal Mei besuk,” terangnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge