0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dewan Minta Jalan Radjiman Dipasang Pita Penggaduh

Jl Dr Rajiman Solo jadi satu arah (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Untuk mengontrol kecepatan di Jalan Radjiman usai penerapan Sistem Satu Arah (SSA) beberapa waktu lalu, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo diharapkan memasang pita penggaduh. Upaya ini dirasa sangat perlu untuk menjawab keluhan masyarakat terkait etika berkendara di jalan raya.

“Kita lihat saja, banyak kan masyarakat yang mengeluh dengan etika pengendara kendaraan yang memacu kencang kendaraannya dijalan tersebut. Saya rasa, pemasangan pita penggaduh ini sangat diperlukan guna mengontrol kecepatan berkendara,” terang Ketua Komisi III DPRD Solo, Honda Hendarto, Rabu (30/3).

Menurut Honda, meski rambu-rambu batas kecepatan maksimal telah terpasang namun pita penggaduh dirasa masih diperlukan untuk mengontrol kecepatan pengguna jalan. Pasalnya seiring diberlakukannya SSA banyak masalah yang muncul salah satunya adalah semakin tingginya kecepatan kendaraan.

“Saya kira itu (pita penggaduh) diperlukan agar lebih hati-hati,” kata dia.

Pita penggaduh, lanjutnya, disarankan dipasang mendekati persimpangan ataupun kawasan yang padat dengan aktivitas seperti perkantoran ataupun lokasi usaha yang dilihat sangat ramai. Pemasangan marka garis kejut itu pula, menurut Honda, dapat dijadikan sebagai sarana menghindari kecelakaan dengan angkutan kota yang menggunakan jalur lawan arus (contra flow).

“Semua biar hati-hati,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dishubkominfo Kota Solo, Yosca Herman Sudrajat mengaku tidak keberatan dengan masukan dari pihak legislative tersebut. Namun, saat ini pihaknya ingin mengevaluasi secara menyeluruh terlebih dahulu untuk menentukan potensi masalah lain pasca penerapan SSA.

“Itu bisa dilaksanakan. Tapi, kami evaluasi dulu. Perlu atau tidak. Kita tunggu sampai 30 hari masa sosialisasi pasca penerapan SSA tanggal 17 Maret kemarin,” kata Yosca.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge