0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dosen UNKRIS Raih Gelar Doktor di UNS

Wachyudi N raih gelar doktor di UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Disertasi berjudul “Model Loyalitas Terhadap Jasa Perbankan (Sebuah Desain Eksperimental Dalam Konteks Keperlakuan Konsumen)” telah menghantar Wachyudi N, dosen Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS), Jakarta meraih gelar Doktor di Universitas Sebelas Maret (UNS) ke 185.

Wachyudhi meraih gelar doktor Ilmu Ekonomi ke 18 Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) UNS setelah berhasil mempertahankan disertasinya di depan Dewan Penguji yang dipimpin Prof Dr Sutarno MSc PhD dalam acara ujian terbuka, di Ruang Sidang Senat UNS, Rabu (30/3).

Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian dari disertasi tersebut, Wachyudhi mengatakan, ada tiga hal penting. Pertama, proses keperilakuan konsumen untuk berniat loyal merupakan suatu hal yang relative kompleks.

Kompleksitas ini, menurut Wachyudhi, ditunjukkan oleh adanya dua pola hubungan kausalitas antar variable, baik yang terdapat pada proses pembentukan sikap positif terhadap kepuasan, maupun pada proses pembentukan niat loyal.

“Dalam konteks ini, masing-masing proses terdiri dari pola hubungan yang bersifat utama (main effects) dan hubungan interaksi dua variabel (two-ways interaction effects),” jelasnya.

Kedua, kata Wachyudhi, fenomena keperilakuan konsumen untuk berniat loyal pada hakekatnya dipengaruhi oleh terhadap kepuasan, yang dimoderasi oleh derajad biaya kepindahan.

Ketiga, kendati secara umum konsep-konsep yang dihipotesiskan terbukti cukup berpengaruh signifikan, namun studi ini menunjukkan masih adanya beberapa hasil yang inkonsisten dengan temuan-temuan studi terdahulu.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge