0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Walikota Solo Tak Persoalkan Pengalihan SMA/SMK

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo tidak mempersoalkan pengalihan pengelolaan terhadap aset-aset sekolah negeri SMA/SMK oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

“Menurut saya tidak ada persoalan, wong itu hanya kantongnya saja yang pindah kok. Statusnya saja dikelola oleh Provinsi (Pemprov Jawa Tengah), sementara siswa-siswanya tetap menjadi tanggung jawab Pemkot,” tandas Rudy, Selasa (29/3).

Dia mengatakan, untuk Solo, proses pelimpahan kewenangan ke Provinsi Jawa Tengah sudah selesai.

“Tinggal menunggu (realisasi) saja,” ungkapnya.

Meski pengambilalihan kewenangan tersebut telah terealisasi nantinya, Rudy memastikan Pemkot akan tetap melanjutkan Program Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS). Hal itu karena sasaran program tersebut adalah individu siswa yang tercatat sebagai warga Kota Solo.

“BPMKS tetap jalan,” tandasnya.

Lebih lanjut Rudy meminta masyarakat kota Solo tidak terpancing oleh munculnya penolakan terhadap rencana pengambilalihan kewenangan pengelolaan SMA/SMK seperti yang terjadi di daerah lain.

“Tidak usah demo lah. Apalagi ini anak-anak mau ujian (Ujian Nasional), semua harus berkonsentrasi di situ,” ujarnya.

Kalau ada yang tidak setuju, menurut Rudy, ketidaksetujuan bisa dilayangkan melalui jalur judicial review atau peninjauan kembali.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge