0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rusa Totol TSTJ, Kini Tak Lagi Jomblo

Rusa Totol jantang hibah dari Kebun Binatang Gembira Loka Yogjakarta dilepas ke kandang barunya di TSTJ (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo – Sepasang rusa totol dan kijang muncak menjadi penghuni baru Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ). Dengan adanya satwa hibah dari Kebun Binatang Gembira Loka Yogjakarta itu dua rusa betina koleksi TSTJ kini tidak lagi jomblo.

“Kita sudah punya dua ekor rusa betina. Kebetulan dari Gembira Loka memberi rusa totol dan kijang masing-masing sepasang,” kata Direktur Utama TSTJ, Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso, Selasa (29/3).

Sebelumnya, TSTJ sudah memiliki dua rusa totol betina dan 14 Kijang Timor tapi tidak mempunyai kijang muncak. Kedatangan sepasang rusa totol baru, Bimo berharap spesies yang dilindungi itu dapat berkembang biak.

“Jadi sekarang untuk rusa totol kita punya satu pejantan tiga betina dan sepasang Kijang Muncak. Semua bisa berkembang biak sehingga bisa bertambah,” kata dia.

Menurut Dokter Hewan TSTJ, Nur Aini, perkembangbiakan kijang dan rusa relatif mudah. Selain masa kehamilan yang singkat, kijang juga bukan binatang yang pilih-pilih pasangan.

“Perkembangbiakannya hampir sama dengan kambing. Jadi tidak susah,” kata dia.

Tiba dari Yogjakarta, sepasang rusa totol dan kijang muncak itu langsung dibawa ke kandang di bagian utara TSTJ. Rusa totol dari Gembira Loka langsung digabungkan dengan rusa totol yang ada, sedangkan kijang muncak diberi kandang tersendiri yang telah disiapkan sebelumnya.

“Jenis binatang ini penyakitnya tidak berat. Jadi tidak perlu proses karantina. Beda dengan orang utan yang penyakitnya bisa bermacam-macam,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge