0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

30 Makalah Siswa SMP Lolos ke Final OPSS

dok.timlo.net/tyo eka
Olimpiade Penelitian Siswa Surakarta (OPSS) 2016 (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sebanyak 30 makalah siswa SMP di Kota Solo lolos sebagai finalis di ajang Olimpiade Penelitian Siswa Surakarta (OPSS) 2016.

“Mereka menyisihkan  63 makalah yang dikirimkan ke panitia. Kemudian setelah kita seleksi, kita ambil 30 yang lolos untuk mengikuti final OPSS,” terang Ketua Panitia OPSS 2016, Sri Darwati kepada wartawan saat ditemui di Aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Surakarta, Selasa (29/3).

Menurut Darwati, ke 30 makalah tersebut dibagi menjadi tiga kategori,  yakni kategori bidang Ilmu Pengetahuan Tehnik dan Rekayasa, Bidang Ilmu Sosial Kemanusiaan dan Seni, dan Bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan, yang masing-masing kategori berjumlah 10 makalah.

“Para finalis mempresentasikan makalah di hadapan dewan juri yang berasal dari akademisi dan pengawas sekolah,” jelasnya.

Untuk kategori bidang Ilmu Pengetahuan Tehnik dan Rekayasa, menurut Darwati, presentasi digelar di SMK Kristen 2 Surakarta, kategori Bidang Ilmu Sosial Kemanusiaan dan Seni digelar di SMPN 4 Surakarta dan Bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan digelar di Aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta.

Ssebelum memasuki tahap final,  siswa dan guru sebagai pendamping diberikan workshop terkait dengan penelitian terlebih dahulu. Setelah itu siswa diberi waktu dua bulan untuk melakukan penelitian, kemudian tahap seleksi makalah yang diambil 10 besar di masing-masing kategori untuk kemudian di presentasikan dihadapan dewan juri seperti saat ini.

Sekolah-sekolah yang lolos menjadi Finalis OPSS jenjang SMP se Kota Solo tahun 2016, untuk Bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan yaitu dari SMP Islam Al Abidin, SMPN 16, dua kelompok dari SMP Al Azhar Syifa Budi, SMPN 10, SMP Kristen Pelita Nusantara Kasih, SMPN 27, SMP Kristen Kalam Kudus, SMPN 2 dan SMP Islam Diponegoro.

Lalu di Bidang Ilmu Sosial Kemanusiaan dan Seni yaitu dari SMPN 3, SMPN 18, SMPN 11, SMPN 24, SMPN 22, SMP Islam Al Abidin, SMPN 9, SMPN 26, SMP Muhammadiyah 1 dan SMPN 5.

Kemudian di Bidang Ilmu Pengetahuan Tehnik dan Rekayasa yaitu dari SMPN 9, SMPN 1, SMP Islam Al Abidin, dua kelompok dari SMPN 10, SMPN 1, tiga kelompok dari SMPIT Nurhidayah dan SMP Widya Wacana 2.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge