0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Ultimatum untuk 31 Toko Modern Bodong di Klaten

dok.timlo.net/aditya wijaya
Satpol PP Klaten menempelkan SP1 di Indomaret yang terletak di Jalan Pemuda Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Sebanyak 31 toko modern berjejaring bodong menerima surat peringatan satu (SP1). Mereka diultimatum Satpol PP Klaten agar segera melengkapi perizinan operasional.

“SP1 ini selama tujuh hari sejak tanggal 28 Maret. Jika tujuh hari tidak mengurus perizinan dikenakan SP2 yang batasnya hanya tiga hari. Kalau masih belum berizin juga akan dilayangkan SP3,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Perda dan Perbup Satpol PP Klaten Sugeng Santoso, Selasa (29/3).

Dikatakan, dari puluhan toko modern belum berizin itu paling lama telah beroperasi hingga empat tahun dan paling baru beroperasi dua pekan. Jika sampai SP3 toko bersangkutan belum mengantongi izin, pihaknya akan menyegelnya.

“Yang paling lama Indomaret di depan Sub Terminal Bendogantungan. Sedangkan yang terbaru Alfamart di Somopuro, Jogonalan. Di Somopuro itu meski sudah kita tutup tetap aktif konsultasi. Tapi kami katakan ke manajemen agar jangan buka dulu sebelum ada izin,” ucap Sugeng.

Menurut dia, proses perizinan tidak sulit asalkan memenuhi seluruh persyaratan dari Dinas Perindustrian  Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) dan Kantor Penanaman Modal Perizinan Terpadu (KPMPT).

“Sebenarnya izinnya gampang. Patuhi Perda saja. Ini yang paling aktif manajemen Alfamart. Dari 19 yang di SP1 ada sembilan yang layak. Karena mereka naik sepeda motor, ngitung sendiri jaraknya sesuai Perda. Kalau yang 12 Indomaret kami enggak tahu,” ungkap dia.

Adapun bunyi Perda Kabupaten Klaten no 12/2011 menyebutkan, penataan dan pembinaan Pasar Tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern, jam buka toko berjejaring hanya sampai pukul 23.00 WIB untuk Senin hingga Jumat. Pukul 00.00 pada akhir pekan dan pukul 02.00 WIB jika bertepatan dengan libur nasional atau keagamaan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge