0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

E-KTP Hilang, Perantau Tak Perlu Pulang

dok.timlo.net/nanin
Proses pembuatan e-KTP (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Mulai April 2016, warga asli Boyolali yang merantau, tidak perlu lagi repot-repot mengurus e-KTP yang hilang ke Boyolali. Pengurusan e-KTP yang hilang bisa dilakukan di luar kota. Hal ini mengacu Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomer 08/2016 tentang Perubahan Permendagri nomor 9 tahun 2011 tentang Pedoman Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional.

“(e-KTP hilang) Tidak perlu harus pulang kampung, bisa dilakukan di lokasi tinggal sekarang,” kata Kepala  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Boyolali, Agus Santoso, Selasa (29/3).

Untuk mengurus e-KTP yang hilang di perantauan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Diantaranya, surat kehilangan dari Kepolisian serta surat Kartu Keluarga. Tidak hanya hilang, kebijakan baru tersebut juga berlaku untuk e-KTP yang rusak. Untuk e-KTP yang rusak, pemohon cukup mengisi formulir penerbitan e-KTP ke Instansi di perantauan serta melampirkane-KTP yang rusak.

“Maka kita imbau ke warga yang hendak merantau untuk selalu membawa fotocopy kartu keluarga,” tambahnya.

Dijelaskan, kebijakan ini sebagai upaya untuk mempercepat dan mempermudah kepemilikan e-KTP. Pihaknya dalam waktu dekat akan mensosialisasikan kebijakan tersebut.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge