0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perkuat MICE, Indonesia Kini Punya Biro INACEB

Timlo.net – Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, melantik pengurus Indonesia Convention and Exhibition Bureau (INACEB) Senin, (28/3). Organisasai ini diharapkan bisa memecahkan permasalahan yang ada di industri MICE (Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions) di Indonesia.

”Dengan pengukuhan dan terbentuknya INACEB, tentu saja akan membawa dampak baik kepada destinasi MICE,” kata Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Alam dan Buatan, Azwir Malaon, seperti rilis yang diterima Timlo.net, Selasa (29/3).

Setelah dilakukan pengukuhan ini, Azwir berharap industri MICE di Indonesia dapat ditangani lebih baik dan dipromosikan secara tepat. Selain itu, 16 destinasi MICE yang telah ditetapkan oleh pemerintah juga dapat dibenahi secara tepat guna, sesuai dengan keunggulan setiap destinasi tersebut.

Azwir menambahkan, industri MICE merupakan salah satu sektor yang berpotensi mendatangkan turis mancanegara dalam jumlah besar dan memberikan dampak ekonomi yang cukup luas. Target mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019 tentunya tidak dapat dicapai hanya mengandalkan wisatawan leisure semata.

”Wisatawan leisure datang dalam jumlah yang cukup besar, dan hanya berkunjung saat peak season. Sementara itu, wisatawan bisnis (business travel) datang dalam jumlah yang sangat besar, dan memberikan dampak ekonomi tujuh kali lipat lebih besar dibandingkan wisatawan leisure,” ujarnya.

MICE memberi kontribusi pendapatan hingga 40 persen di sektor pariwisata Indonesia. Pasar ini juga terus mencatat pertumbuhan 20 persen per tahun.

Lebih lanjut Azwir mengatakan, permasalahan utama mengapa industri MICE di Indonesia kurang berkembang dan dipromosikan dengan baik. Selama ini tidak adanya lembaga khusus yang menanganinya, atau semacam convention bureau. Maka dari itu, Kemenpar menyambut baik lahirnya INACEB.

”Indonesia harus memiliki sebuah convention bureau. Ini merupakan hal yang wajib dan sangat diperlukan,” ujarnya.

Sekedar informasi, Malaysia punya seperti itu dengan Malaysia Convention and Exhibition Bureau (MYCEB). Sedangkan Thailand juga memiliki lembaga tersebut dengan nama Thailand Convention & Exhibition Bureau (TCEB).

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge