0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jalan Basin-Gayamprit Rusak, Warga Sambat

timlo.net/aditya wijaya
Petugas Dinas Perhubungan Klaten menjaring truk galian golongan C yang nekat melintasi jalur ilegal (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Laju puluhan truk galian C yang nekat melintasi ruas jalan antara pertigaan Pasar Basin, Kecamatan Kebonarum hingga perempatan Pasar Gayamprit, Kecamatan Klaten Tengah, dikeluhkan warga setempat. Pasalnya, sepanjang jalan tersebut rusak dan meninggalkan lubang.

“Setiap hari dari buka pagi sampai tutup warung petang hari selalu saja ada truk lewat. Membuat jalan jadi rusak saja,” keluh warga Dukuh Hadirejo, Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan, Hesti (39), Senin (28/3).

Selain jalan rusak, kata dia, lalu lalang truk pengangkut pasir maupun batu dari lereng Gunung Merapi itu juga membuat macet. Akibatnya, aktivitas anak sekolah dan masyarakat lain juga terganggu.

“Motor, mobil, truk, sepeda semuanya lewat sini. Padahal jalan sempit. Jadi sering macet di pagi hari ketika anak-anak sekolah dan susah untuk menyeberang. Seharusnya turun dari Merapi lewat pertigaan pasar Basin itu lurus ke arah Gondang Winangun. Tidak belok ke kiri menuju Desa Nglinggi karena bukan jalurnya,” ujar penjual soto di depan SDN I Nglinggi ini.

Keluhan serupa juga disampaikan warga lainnya, Koko (43). Menurutnya, hampir 24 jam non stop truk galian C melintasi ruas jalan Basin-Nglinggi-Gayamprit tersebut. Akibatnya, setiap kali hujan tak jarang pengendara motor terjatuh karena tidak bisa menghindari lubang.

“Kerusakan parah sudah dua tahun terakhir ini. Tiap hari bisa ratusan truk lewat sini. Minimal kalau lewat sini jamnya diatur. Misal, menjelang maghrib dilarang lewat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Barang Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten Sarwata mengatakan, truk galian C boleh melewati jalur larangan dengan syarat mengantongi ijin dispensasi dari pihaknya. Misalnya ada keperluan pembangunan dari warga setempat.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge