0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hore… TSTJ Dapat Hibah Kijang dan Rusa Tutul

Keeper Rusa TSTJ, Sartono (baju oranye) menyiapkan tempat makan kijang hibah dari Kebun Binatang Gembira Loka Yogjakarta (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo – Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) akan mendapatkan hibah sepasang rusa tutul dan sepasang kijang dari Kebun Binatang Gembira Loka, Yogjakarta. Menurut jadwal, koleksi baru TSTJ tersebut akan tiba Selasa, (29/3) siang.

“Itu prosesnya sudah lama. Dari sisi administratif sudah beres dari tingkat kota sampai Kementrian,” kata Direktur Utama TSTJ, Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso Senin (28/3).

Menurut Bimo, proses hibah binatang cukup panjang. Untuk bisa dipindahkan dari Gembira Loka ke TSTJ, pengelola harus mendapat restu dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Solo dan Yogjakarta. Selanjutnya, dikoordinasikan di BKSDA Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogjakarta kemudian diteruskan ke Kementrian Lingkungan Hidup di bawah Direktorat Jendral Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE).

“Jadi tidak bisa begitu saja dipindahkan dari satu kebung binatang ke kebun binatang lain. Dari BKSDA juga meninjau kelayakan kandang penerima hibah,” terangnya.

Selain masalah adminstrasi, secara teknis pihak TSTJ sudah menyiapkan kandang baru untuk sepasang kijang yang berada di sisi Utara TSTJ berdekatan dengan kandang rusa. Sedangkan untuk rusa tutul akan dicampurkan bersama koleksi rusa tutul yang sudah ada. Saat ini, TSTJ sudah memiliki dua ekor rusa tutul betina sehingga tidak bisa berkembang biak.

“Karena ini satu pasang, mudah-mudahan bisa kita kawinkan supaya tidak ada binatang yang tidak punya pasangan,” kata dia.

Pantauan timlo di lapangan, keeper rusa TSTJ, Sartono tengah menyiapkan tempat makan untuk kandang Kijang yang akan dikirim besok siang. Sedangkan untuk kandang rusa tutul tidak perlu persiapan khusus lantaran kelengkapan kandang dinilai sudah memadai.

“Kita tinggal menyiapkan kandang kijang saja,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge