0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2016, Ekonomi Jateng Diprediksi Tumbuh 5,8 Persen

dok.timlo.net/nanang rahadian
Pertanian merupakan salah satu sektor peningkatan pertumbuhan ekonomi (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Solo — Pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah diprediksi akan tumbuh 5,8 persen pada 2016. Hal itu mengingat perkembangan ekonomi yang terus bergeliat, seiring dengan gencarnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah.

“Kita optimis pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah akan jauh lebih baik jika dibandingkan tahun lalu. Karena dampak El Nino juga sudah lewat dan ekonomi global menunjukan ada perbaikan, khususnya di Amerika Serikat,” ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Jawa Tengah, Iskandar Simorangkir kepada wartawan, Senin (28/3).

Selain itu, ada beberapa faktor dominan yang turut mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah. Diantaranya adalah sektor pertanian, industri tekstil dan juga pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan pemerintah.

“Seperti yang kita tahu, bahwa pemerintah Jawa Tengah sangat gencar mendorong pembangunan infrastrukur. Seperti embung, jalan tol dan lainnya. Sehingga kita optimis kontribusi diinfrastruktur ini akan turut mendorong pertumbuhan ekonomi,” jelas dia.

Sementara itu, Iskandar menyampaikan kontribusi industri manufaktur di Jawa Tengah selama ini juga cukup memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

“Kontribusi industri manufaktur selama ini cukup tinggi atau 26 persen terhadap PDRB Jawa Tengah. Sehingga perbaikan ekonomi di Amerika Serikat tentu akan berdampak kepada permintaan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge