0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gagal Panen, Petani Bakar Lahan Padi

dok.timlo.net/tarmuji
Tanaman padi milik warga roboh (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Belasan hektar lahan tanaman padi di Desa Gunturharjo Kecamatan Paranggupito, Wonogiri dibakar pemiliknya sendiri, lantaran usaha pertanian mereka gagal panen. Selain itu adanya hama yang menyerang sehingga untuk memutus pertumbuhan hama tersebut salah satunya jalan yakni dibakar.

“Petani banyak yang putus asa, selain itu pula mereka takut jika hama yang menyerang bulir-bulir padi hingga menghitam dan bulir padi menjadi gabuk  tidak berisi),” ungkap Kepala Desa Gunturharjo, Suyadi, Senin (28/3)

lain, abu sisa pembakaran diharapkan menjadi pupuk untuk masa tanam selanjutnya. Dikatakan, kegagalan panen tersebut menyebabkan produktivitas padi para petani menurun hingga enam puluh lima persen dibanding hasil panen sebelumnya.

“Sebenarnya soal hama itu sudah kami laporkan ke pemerintah setempat untuk segera mendapatkan penanganan Kami juga khawatir kalah hal ini bisa menjadi bencana paceklik atau larang pangan di musim kemarau mendatang,” tegasnya.

Camat Paranggupito Haryanto menjelaskan, pembakaran tanaman padi hanya dilakukan pada lahan yang benar-benar gagal panen. Untuk lahan yang masih bisa dipanen, diupayakan tidak dibakar.

“Tapi tetap terjadi penurunan tingkat produksi padi hingga 40 persen. Selain Gunturharjo juga ada penurunan produksi padi di Desa Gudangharjo dan Songbledek,” jelasnya.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Wonogiri, Stefanus Pranowo menerangkan tiga desa tersebut sampai saat ini masih dipantau. Langkah pantauan tersebut sengaja dilakukan KKP mengingat kondisi yang dialami ketiganya. Dimana,  ketiganya terancam rawan pangan. Hal itu disebabkan sempat tidak turun hujan selama setengah bulan di desa-desa itu. Jika sampai terjadi, dipastikan ketersediaan pangan menipis dan perlu disuplai bantuan dari pemerintah.

“Cadangan beras siap untuk diberikan, tinggal menunggu permohonan,” tambahnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge